JA slide show
 
Konselor Peduli Bencana PDF Cetak E-mail
Penilaian Pengguna: / 0
Ditulis Oleh Ifdil   
Friday, 16 October 2009

TIM Konseling Trauma Turun Ke Lapangan

Gempa bumi yang terjadi pada tanggal 30 September 2009 di Propinsi Sumatera Barat dan 1 Oktober 2009 di Propinsi Jambi telah menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan tempat tinggal serta harta benda masyarakat. Akibat psikologis yang ditimbulkannya sangat berat bagi anak-anak, remaja dan orang dewasa yang secara keseluruhan mengganggu kehidupan masyarakat sehari-hari termasuk kegiatan belajar peserta didik.

Untuk pemulihan gangguan mental psikologis yang berpengaruh terhadap kehidupan efektif sehari-hari warga masyarakat korban gempa perlu ditangani secara khusus. Penanganan khusus ini amat mendesak dilakukan terhadap peserta didik yang sedang menjalani proses pendidikan di sekolah-sekolah. Hal ini secara langsung juga terkait dengan perlunya pelayanan terhadap guru-guru dan orang tua mereka yang secara langsung terkait dengan kondisi peserta didik dalam kegiatan belajar yang dimaksudkan. Pelayanan terhadap guru dan orang tua sangat penting mengingat guru adalah sosok utama dalam keberlangsungan proses pembelajaran peserta didik, dan orang tua adalah tiang utama kehidupan anak/peserta didik secara menyeluruh. Oleh karena itu di samping peserta didik, guru dan orang tua pun memerlukan pelayanan yang memadai hal mendasar inilah yan menjadi alasan sehingga Universitas Negeri Padang bekerjasama dengan dengan Direktorat PTK-PNF Ditjen PMPTK Depdiknas menurunkan Tim untuk pelayanan Pelayanan Konseling Trauma Pasca Bencana Gempa di Sumatera Barat dengan melibatkan para konselor-konselor dari seluruh Indonesia.

 

Pemutakhiran Terakhir ( Monday, 25 October 2010 )
Selengkapnya...
 
Selamat Idul Fitri 1430 H PDF Cetak E-mail
Penilaian Pengguna: / 0
Ditulis Oleh Ifdil   
Thursday, 17 September 2009

Image

Pemutakhiran Terakhir ( Monday, 25 October 2010 )
 
Dasar Pertimbangan PDF Cetak E-mail
Penilaian Pengguna: / 0
Ditulis Oleh Ifdil   
Thursday, 09 July 2009

DASAR PERTIMBANGAN STANDARDISASI PROFESI

  1. Inisiatif Direktorat Jenderal Penddidikan Tinggi melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi (PPTKKPT) membentuk suatu Tim dengan kolaborasi ABKIN untuk mengembangkan dasar standardisasi profesi konseling merupakan langkah strategis dalam rangka profesionalisasi dan proteksi tenaga kependidikan di Indonesia. Langkah ini dimaksudkan untuk dirumuskannya standard profesi tenaga konseling, pemberian lisensi praktik mandiri (privat) konselor, kode etik profesi, dan sistem pengawasan praktik tenaga konseling, serta layanan advokasi baik bagi masyarakat pengguna maupun tenaga konseling. Profesionalisasi konseling di Indonesia harus dilihat dalam konteks upaya untuk :
    • mengokohkan dan mempromosikan identitas, kelayakan, dan akuntabilitas konselor profesional secara nasional maupun internasional;
    • menegaskan identitas profesi konseling dan masyarakat konselor yang secara nasional telah memenuhi standard;
    • memantapkan kerjasama antara Lembaga Pendidikan Tenaga Konseling dengan organisasi profesi konseling (ABKIN) dalam mendidik dan menyiapkan tenaga konseling profesional;
Pemutakhiran Terakhir ( Thursday, 09 July 2009 )
Selengkapnya...
 
Pilar Profesi PDF Cetak E-mail
Penilaian Pengguna: / 0
Ditulis Oleh Ifdil   
Wednesday, 01 July 2009

Profesi merupakan pekerjaan atau karir yang bersifat pelayanan bantuan keahlian dengan tingkat ketepatan yang tinggi untuk kebahagiaan pengguna berdasarkan norma-norma yang berlaku. Kekuatan dan eksistensi profesi muncul sebagai akibat interaksi timbal balik antara kinerja tenaga profesional dengan kepercayaan publik (public trust). Masyarakat percaya bahwa pelayanan yang diperlukannya itu hanya dapat diperoleh dari orang yang dipersepsikan sebagai seorang yang berkompeten untuk memberikan pelayanan yang dimaksudkan. Public trust akan mempengaruhi konsep profesi dan memungkinkan anggota profesi berfungsi dalam cara-cara profesional. Public trust akan melanggengkan profesi, karena dalam public trust terkandung keyakinan publik bahwa profesi dan para anggotanya berada dalam kondisi sebagai berikut.

Pemutakhiran Terakhir ( Thursday, 09 July 2009 )
Selengkapnya...
 
<< Awal < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Berikutnya > Akhir >>

Hasil 29 - 32 dari 44

Member Online

Tidak ada Anggota Online

Your Info

IP

 


Search

Membership

Mail IKI

click here for login your account click here for sign in your account

Visitor Counter

mod_vvisit_counterToday106
mod_vvisit_counterYesterday168
mod_vvisit_counterThis week449
mod_vvisit_counterThis month3492
mod_vvisit_counterAll285345

Alexa Rank

Database Konselor